• Photo :
        • Sejumlah remaja menyaksikan terbitnya matahari pada hari pertama bulan Ramadhan di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB), Palembang, Sumatera Selatan, Senin, 6 Mei 2019.,
        Sejumlah remaja menyaksikan terbitnya matahari pada hari pertama bulan Ramadhan di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB), Palembang, Sumatera Selatan, Senin, 6 Mei 2019.

      Sahijab – Dalam rangka menyambut bulan Ramadhan, sebagai umat islam kita harus memasukinya dalam keadaan yang bersih dan suci. Dan salah satunya adalah dengan mengucapkan minta maaf menjelang Ramadhan, baik kepada keluarga, saudara maupun teman hingga tetangga.

      Kita berharap agar semua amalan yang dikerjakan selama bulan Ramadhan diterima oleh Allah SWT. Dan semua perbuatan akan dilipatgandakan amalannya. Oleh sebab itu, umat muslim di seluruh dunia berlomba-lomba untuk berbuat kebaikan saat bulan Ramadhan tiba.

      Berikut kumpulan ucapan-ucapan minta maaf menjelang Ramadhan yang dikutip Sahijab dari berbagai sumber.

      Baca Juga: 6 Niat Puasa Ramadhan Sebulan Penuh, Harian dan Waktu Membacanya

      Ucapan Minta Maaf Menjelang Ramadhan

      1. Fajar Ramadhan segera menghampiri dunia, selembar sutra menghapus noda, sebening embun penyejuk kalbu, sucikan hati bersihkan jiwa di bulan yang suci. Selamat menunaikan ibadah puasa. Semoga amal kita diterima di sisi Allah SWT. Aamiin.
      2. Andai jemari tak sempat berjabat. Jika raga tak bisa bersua. Bila ada kata membekas luka. Semoga pintu maaf masih terbuka. Selamat Ramadhan.
      3. Ada raksasa beli pulsa. Tidak terasa sudah mau puasa. Burung kakak tua nemplok di jendela. Jangan lupa perbanyak pahala. Ada pepaya dimakan jerapah. Maafin aku ya kalo punya salah. Selamat Ramadhan.
      4. Marhaban ya Ramadhan, pucuk selasih bertunas menjulang dahannya patah, tolong betulkan. Puasa Ramadhan kembali menjelang, salah dan khilaf mohon dimaafkan. Selamat menunaikan ibadah puasa.
      5. Matahari berzikir, angin bertasbih dan pepohonan memuji keagungan-Mu. Semua menyambut datangnya malam Seribu Bulan. Selamat datang Ramadan, selamat beribadah puasa. Mohon maaf lahir dan batin.
      6. Tak ada kata seindah zikir, tak ada bulan seindah Ramadan. Izinkan kedua tangan bersimpuh maaf untuk lisan yang tak terjaga, janji yang terabaikan, hati yang selalu berperasangka dan sikap yang pernah menyakitkan. Maaf lahir batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.
      7. Tiada kemenangan tanpa zikrullah, tiada amal tanpa keikhlasan, tiada ampunan tanpa maaf dari sesama. Mohon maaf, Marhaban ya Ramadhan.
      8. Ramadhan adalah pembuktian cinta pada setiap ruang dan waktu yang berpuluh-puluh berlipat ganda. Ketundukan adalah cinta, kebajikan adalah cinta, derma adalah cinta, dan menata hidup lebih dewasa adalah cinta. Ramadan, saat memberi makna istimewa pada cinta kita. Kita telah bersama dalam ukhuwah.
      9. Semoga kelak kita dipertemukan oleh-Nya dalam ukhuwah pula. Amin. Maaf untuk semua kesalahan.”
      10. Seiring terbenam mentari di akhir Syaban. Tibalah kini bulan Ramadhan. Pesan ini sebagai ganti jabat tangan. Untuk mohonkan maaf dan kekhilafan. Marhaban ya Ramadhan.
      11. Bulan Ramadhan merupakan bulan yang suci. Seperti embun pagi yang mmebasahi di kala pagi. Ia datang sebagai penyejuk yang akan membasuh dan membersihkan jiwa dari segala dosa. Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan.
      12. Dengan kerendahan hati serta ketinggian budi. Pada kemiskinan harta ada kekayaan jiwa. Hidup akan tentram damai kalau ada maaf. Taqabbalallahu minna wa mingkum.
      13. Bulan suci kembali tiba, Alhamdulillah. Kesempatan datang kembali dan momen yang tepat menyucikan diri dari segala dosa. Tanpa basa basi, mohon dimaafkan segala kesalahan.
      14. Hari dimana kita diberikan Kesempatan kembali untuk memperbaiki diri. Manfaatkan semaksimal mungkin. Jika tidak ia akan pergi bersama penyesalan. Hari bahagia menuju pintu ibadah. Untukmu yang Muslim sedunia. Selamat Menunaikan Ibadah Puasa. Mohon maaf lahir batin.
      15. Rendahkan diri untuk turunkan segala emosi, dengan ini saya (nama Anda) meminta maaf atas semua kesalahan yang pernah dilakukan. Semoga di bulan suci yang akan segera datang, hati pun bersih dari amarah dan dosa.
      16. Bila hati selalu damai, maka cinta akan hadir, bila salah dan khilaf terjadi, mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa.
      17. Bulan suci Ramadhan sebentar lagi, hati yang bersih menjadi pedoman diri, buka seribu pintu maaf, tak akan pernah merugi. Saya (nama Anda) mengucap mohon maaf lahir dan batin, semoga kita diberi kekuatan dan keteguhan dan menjalankan ibadah puasa.
      18. Tetesan air mata merupakan kebahagiaan untuk menyambut bulan penuh ampunan, bulan suci Ramadan. Rasa bahagia tak terkira dapat berjumpa kembali, diri ini tak pernah terlepas dari dosa, maka izinkan saya (nama Anda) untuk meminta permohonan maaf. Marhaban ya ramadhan, selamat berpuasa.
      19. Diawali dengan Bismillah, menyambut bulan penuh barokah. Mari tingkatkan keimanan dan takwa. Semoga diampunkan segala dosa. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa.

      Baca Juga: Cara Mengajarkan Anak untuk Ikut Puasa di Bulan Ramadhan?

      Berita Terkait :

Jangan Lewatkan